Skip to content

BAB 3 MENANGANI TELEFON MASUK DAN KELUAR(NOVI TRI ARIYANI)

March 24, 2013
 

ETIKA MENANGANI TELEPON MASUK 
1. Segera angkat gagang telepon sebelum telepon berdering unutk yang ke 3 kalinya.
2. Jangan mengganggap bahwa panggilan telepon merupakan gangguan pekerjaan anda.
3. Berhati-hati agar nada kesal tidak terdengar pada lawan bicara anda
.4. Jawablah telepon dengan menyebutkan indentitas anda, sesuai kebijakan pimpinan.
5. Segera tanyakan dengan siapa saya berbicara dan tanyakan apa keperluannya.
6. Pada waktu anda menerima telepon, kata-kata yang diucapkan harus jelas, berilah penekanan pada kata-kata secara beruntun.
7. Batasi pembicaraan di telepon secara pribadi karena urusan pribadi di kantor sangat tidak menyenangakan bagi siapapun yang mendengarkan.
8. Apabila pimpinan anda tidak berada di akntor janganlah memberi tahukan di mana pimpinan anda berada.
9. Apabila anda menerima telepon unutk pimpinan tanyakan dulu pada pimpinan apakah beliau bersedia menerima telepon atau tidak.
10. Apabila pimpinan anda sedang berada di kantor tetapi sedang melakukan pembicaraan ditelepon dengan orang lain, sedangkan ada telepon lain untuk pimpinan, tanyakan kepada penelepon untuk menunggu (apabila penelepon lebih memilih menunggu, jangan biarkan penelepon menunggu lebih dari 2 menit ) atau tanyakan apabila penelepon bersediamenelepon kembali.
 
ETIKA MELAKUKAN PANGGILAN KELUAR
1.
Kapan saat menghindari menggunakan ponsel?Jika berbicara dengan menggunakan ponsel bisa mengganggu orang lain —misalnyadalam tempat ibadat, gedung bioskop, ruang kelas, gedung konser, dan lainnya— maka hindari menggunakan ponsel di tempat seperti itu. Anda juga bisa mengatur mode senyap pada ponsel Anda sehingga tidak mengganggu orang lain. Bahkan jika perlu, matikan saja ponsel Anda.
2.
Apakah perlu berbicara dengan suara keras di ponsel?Hindari berbicara dengan ponsel dengan suara terlalu keras, khususnya jika Anda berada di tempat umum (public area). Hal ini akan menarik perhatian orang-orang pada diri Anda dan bisa menimbulkan gangguan bagi beberapa orang. Selain itu,mikropon dalam ponsel mampu menangkap suara yang lembut sekalipun, sehinggatidaklah perlu berteriak atau bersuara keras saat menggunakan ponsel Anda.
3.
Pembicaraan pribadi di ponsel, patutkah?Jangan membicarakan hal pribadi dengan menggunakan ponsel di tempat yang adaorang lain, misalnya saat berada di ruang rapat, ruang kerja yang digunakan bersama-sama, atau bahkan di tempat umum seperti di dalam bus, kereta api, halte, danlainnya. Jika Anda harus segera menyelesaikan pembicaraan tersebut, bicaralah secarasingkat dan telepon kembali segera setelah Anda keluar ruangan lalu lanjutkan pembicaraan pribadi tersebut.
4.
Berbicara urusan pribadi dekat orang lainJika Anda sedang berbicara dengan ponsel, jaga jarak minimal 3 meter dengan oranglain agar tidak mendengar pembicaraan Anda. Jika Anda berdiri atau berada di dekat
Advertisements

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: